Pages

Selasa, 03 April 2018

Review Pertemuan Kelima: Menemukan Hard News, Soft News, dan Features di Koran



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

     Alhamdulilah, saya bisa kembali menyapa kalian lewat tulisan ini. Nah, mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya posting tulisan di blog ini jedanya cepat sekali dengan postingan sebelumnya. Akan saya jawab hehe. Sebenarnya, tulisan yang saya posting kemaren itu belum lengkap karena saya belum memberi contoh pada masing-masing pembahasan, hanya pengertiannya saja. Flashback dulu yah... Pada minggu lalu, saya mendapat tugas untuk me-review di blog tentang ‘’Menentukan Hard News, Features, dan Soft News’’ langsung dengan menggunakan media koran. Tugas yang diberikan oleh dosen saya itu bersifat individu tapi mengerjakannya itu secara berkelompok. Jadi, kelompok saya beranggotakan enam orang, ada 1 koran yang terdiri dari beberapa lampiran koran lalu kami bagi, per-anak mendapat bagian masing-masing, kami menganalisis kira-kira mana berita yang bersifat Hard News, Soft News atau Features. Setelah menemukan Hard News, Soft News dan Features, kami secara berkelompok menganalisis bersama kira-kira apakah berita itu benar bersifat Hard News, Soft News atau Features.
      
     Koran yang saya dan teman-teman gunakan kebetulan koran Jawa Pos yang terbit hari itu, Jum’at, 23 Maret 2018. Pada postingan sebelumnya saya sudah me-review tentang pengertian dan ciri-ciri Hard News, Soft News, dan Features sesuai dengan yang dosen saya sampaikan. Dan... untuk postingan kali ini, saya berinisiatif memberikan contoh sekaligus menganalisis berdasarkan ciri-ciri yang sudah saya sampaikan. Jadi, mungkin judul yang tepat untuk postingan kali ini adalah ‘’Menentukan Hard News, Soft News, dan Features di Koran’’. Tidak usah berlama-lama, mari kita langsung ke pembahasan.


1.  Hard News 



     Berita di atas termasuk Hard News karena informasi yang disampaikan bersifat faktual dan aktual. Artinya, berita ini menjadi pembicaraan banyak orang (berita hangat) dan sedang marak-maraknya diberitakan. Menurut kalian, apakah berita di atas akan menjadi topik hangat jika tidak diberitakan pada hari itu juga ? menurut kami tidak, berita seperti itu akan cepat hilang atau basi jika tidak segera diberitakan. Oleh karena itu, berita Hard News sangat mementngkan aktualitas.


2.  Soft News

         Untuk berita di atas, sejujurnya kami masih ragu jika dimasukkan dalam kategori Soft News. Isi berita di atas lebih masuk pada kategori Hard News, hanya news value nya yang kurang. Mengapa tidak masuk Soft News? Karena menurut kami, berita Soft News itu berita yang banyak mengangkat tentang kehidupan atau kemanusiaan, misalnya tentang kehidupan seorang artis yang hobi berolahraga atau tentang kehidupan rakyat kecil yang kekurangan lapangan pekerjaan. Dalam Soft News, dosen saya pernah pernah bilang bahwa bahasa yang digunakan itu tidak kaku, tidak ruwet alias ringan dan mudah dimengerti oleh semua kalangan. 


        Nah, berita di atas menurut kalian termasuk Soft News? Kalau kalian membacanya pasti tahu kalau berita di atas termasuk Sot News. Dari segi bahasa, tema yang diangkat dan penyampaiannya terkesan ringan dan mudah dipahami. Oleh karena itu berita di atas termasuk Soft News.

3.  Features 


     Untuk berita di atas, kami menyepakati bahwa informasi yang disampaikan bersifat Features. Features memiliki ciri-ciri berita yang bersifat berkisah, entertain dan awet. Berita di atas mengangkat kisah tentang seorang guru berprestasi yang berhasil diundang kemendikbud ke Belanda. Isi beritanya juga entertaint atau menghibur, bisa juga menginspirasi banyak orang. 


     Nah, dengan sedikit analisis di atas, saya harap kalian bisa menentukan kira-kira mana berita yang bersifat Hard News, Soft News, atau Features dengan tepat. Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca, Amiiin. Baiklah, cukup sampai di sini yang bisa saya bagikan, maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun pemahaman, karena kita ini manusia dan manusia kadang salah dan lupa. Di sini kita masih sama-sama belajar dan saling berbagi ilmu. Terimakasih ... dan sampai jumpa lagi pada postingan saya selanjutnya,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Karir Peserta Didik SD/MI

BAB II PEMBAHASAN A.   Konsep Dasar Bimbingan Karier Peserta Didik di MI/SD        Kari e r sering dimaknai identik dengan kenaika...