Pages

Senin, 26 Februari 2018

Review Pertemuan pertama: Pentingnya Jurnalistik dalam dunia Pendidikan



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

     Sebelum masuk ke intinya, Ini adalah postingan pertama saya setelah saya membuat blog ini. saya ingin menuangkan beberapa ilmu dan wawasan yang saya dapat dalam mata kuliah saya ini. Yup ... Jurnalistik. Apa kesan pertama kalian ketika mempelajari jurnalistik? yang saya pikirkan pertamakali ketika mempelajari jurnalistik adalah jurnalistik itu berhubungan dengan komunikasi dan teknologi, media massa, media digital dan identik dengan wartawan. Teknologi yang berkembang pesat memiliki peran penting dalam perkembangan kehidupan manusia. Begitupun juga dengan komunikasi, contoh media komunikasi yang umum dalam masyarakat adalah media massa. 
     Dengan media massa dan teknologi yang semakin canggih, informasi akan semakin cepat tersampaikan pada kita. Bukankah di era modern saat ini, istilah 'Jurnalistik' sudah tak asing lagi ditelinga kita? Tahukah kalian apa itu Jurnalistik? sesuai dengan judul diatas, saya akan membahas tentang keterkaitan antara jurnalistik dalam dunia pendidikan.

Apa kalian tahu, apa Jurnalistik itu?
     Jurnalistik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang bersangkutan dengan pemberitaan, kewartawanan dan persuratkabaran. Jurnalistik berasal dari kata "Journalism" yang artinya kewartawanan. Jurnalistik merupakan kegiatan atau proses mengumpulkan, menyebarkan dan mengolah informasi lewat media massa untuk disampaikan pada masyarakat.

Apa saja sisi negatif dan positif dalam Jurnalistik?
     Setelah mengetahui pengertian jurnalistik, kita juga harus tahu apa saja sisi negatif dan positif dalam dunia jurnalistik. Kita akan terlebih dahulu membahas sisi negatif jurnalistik, kira-kira apa saja ya? Sisi negatif jurnalistik yang paling umum adalah banyaknya informasi yang bersifat hoax. Di era saat ini, karena akses publikasi yang cepat dan luas, maka banyak jurnalis bebas yang menulis serta melaporkan berita atau informasi yang sumbernya tak berdasar, terkadang juga bahasanya tak bermoral. Jika hal-hal itu sampai sering terjadi, maka berita yang tersampaikan kurang jelas dan membuat beberapa pihak merasa dirugikan. Adapun sisi positif jurnalistik yaitu menambah wawasan diberbagai ilmu pengetahuan, menjadikan kita sebagai pelajar dan masyarakat yang melek informasi dan teknologi, mengetahui peristiwa terkini (update), dan masih banyak lagi.

Dalam dunia pendidikan, pentingkah seorang guru memahami Jurnalistik?
     Tentu saja penting. Apabila guru tersebut memahami tentang jurnalistik, ia akan paham bagaimana cara pengolahan serta penyebarluasan informasi yang akan disampaikan pada muridnya lewat media digital. Begitupun juga dengan kode etik jurnalistik, yang mana memberikan informasi tentang tata cara penyebarluasan informasi sesuai aturan. Dengan memahami jurnalistik, seorang guru pasti mampu memfilter atau menyaring informasi antara yang benar dan yang salah, yang nantinya informasi itu akan disampaikan pada peserta didiknya. Guru juga akan tahu bagaimana cara berurusan atau menghadapi wartawan, pers, dan media massa. Jadi, seorang guru itu penting memahami jurnalistik.

Apa saja manfaat mempelajari Jurnalistik?
     Mempelajari ilmu jurnalistik itu sangat menyenangkan. Untuk pertamakalinya saya dapat bertemu serta sharing dengan wartawan yang mana itu adalah dosen saya sendiri. Dosen saya menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam melakukan liputan di berbagai daerah dan acara dan menurut saya sendiri itu pengalaman yang sangat luar biasa. Jika kita mempelajari jurnalistik, maka itu akan mempengaruhi kita dalam melihat serta menyikapi sebuah pemberitaan di media. Mempelajari jurnalistik juga memudahkan kita dalam menulis laporan, esay, skripsi, disertasi, sesuai dengan kaidah yang benar. Yang jelas, jika kita mempelajari jurnalistik kita akan memperoleh berbagai keterampilan yang positif dalam menulis serta menyebarkan informasi dan ilmu jurnalistik dibutuhkan dari sekarang hingga yang akan datang.

Demikianlah postingan saya minggu ini, semoga bermanfaat, tunggu di minggu selanjutnya ya ...
Terimakasih,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ...

#JurnalistikUINSA17






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Karir Peserta Didik SD/MI

BAB II PEMBAHASAN A.   Konsep Dasar Bimbingan Karier Peserta Didik di MI/SD        Kari e r sering dimaknai identik dengan kenaika...