Pages

Selasa, 13 Maret 2018

Review Pertemuan Ketiga part 1: Sejarah Perkembangan Jurnalistik "Sejarah Jurnalistik Abad-18 Part 2"

Assalamualaikum wabarakatuh ...

     Alhamdulillah, segala puji bagi Allah ... saya masih bisa menyapa kalian di postingan kali ini. Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang sejarah jurnalistik abad 18. Sebelumnya, saya sudah menulis tentang sejarah jurnalistik abad 18 part 1 seminggu yang lalu, tetapi hanya sedikit materi yang saya tulis. Di postingan ini saya akan menulis kembali sejarah jurnalistik abad 18 dengan materi pembahasan yang sudah saya persentasikan. Langsung saja ke pembahasan ya ..

  • Sejarah Jurnalistik abad-18
     Jurnalisme pada abad-18 lebih digunakan untuk kepentingan bisnis dan sebagai alat politik daripada menjadikannya sebuah profesi. misalnya mulai ada komentar serta kritikan politik pada pemerintah. pada abad ini perekembangan jurnalisme rupanya diwarnai dengan perjuangan antara wartawan dengan penguasa tentang kebebasan pers. Pada saat itu, para wartawan mendapat perlawanan dan sensor ketat dari pemerintah akibat berita-berita yang diterbitkan. Akhirnya, dengan segala perjuangan yang panjang, pers Amerika dan Eropa berhasil menyingkirkan sensorsip pada akhir abad ke-18 dan negara Amerika serta Swedia telah mengesahkan Undang-Undang Kebebasan Pers. Dari situlah kita mulai memasuki era jurnalisme modern seperti yang kita alami sekarang.

  • Perbedaan Jurnalistik abad-18 dengan era sebelumnya
> Kegiatan penyebaran informasi melalui tulis menulis makin meluas dimulai padaa masa peradaban Mesir, ketika masyarakatnya menemukan teknik pembuatan kertas dari serat tumbuhan yang bernama"Phapyrus"
> Pada tahun 1450, telah ditemukan mesin cetak oleh Johan Guttenbergh, sehingga penyebaran informasi tertulis maju cukup pesat pada masa itu.
> Pada tahun 1536, Pelopor surat kabar sebagai media berita pertama bernama "Gazette" lahir di Venice, Italia.
> Pada tahun 1665, telah terbit surat kabar cetak pertama yang terbit teratur setiap hari yang bernama "Oxford Gazette" di Inggris. Surat kabar ini kemudian berganti nama menjadi London Gazette dan ketika Henry Mudiman menjadi editornya, dia mengganti namanya menjadi "Newspaper".
> Sejak tahun 1690, di Amerika, Ilmu persuratkabaran sudah mulai berkembang dan dikenal dengan istilah Journalism. Saat itu telah terbit surat kabar dalam bentuk modern.
> Pada abad 17 mulai muncul organisasi pencari berita (wartawan).
>Abad 17, Jurnalistik tidak hanya menyiarkan berita saja, tetapi juga mulai mempengaruhi pemerintah dan masyarakat.

Ada beberapa peristiwa penting yang mengiringi sejarah perjalanan jurnalistik 
pada abad ke-18

1. Revolusi Industri
Revolusi Industri merupakan perubahan besar-besaran dibidang pertanian, pembangunan, pertambangan, transportasi, teknologi, hingga mengakibatkan dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi dan budaya di dunia. Revolusi industri ini muncul pada abad 18 tepatnya pada tahun 1750-1850. Dari peristiwa revolusi industri ini, permintaan surat kabar oleh masyarakat semakin banyak, akibatnya surat kabar semakin eksis. Hal ini merupakan efek revolusi industri yang membuat masyarakat gemar membaca dan ingin tahu lebih tentang peristiwa revolusi industri.

2. Yellow Journalism
Pada abad 18 terjadi pertempuran antara dua koran besar di New York. Satu dimiliki oleh Joseph Pulitzer dengan nama 'New York World' dan yang satu lagi milik William Randdolph Hearst dengan nama 'New York Journal'. Kedua media ini saling beradu menyajikan berita-berita sensasional dan kontroversial dengan tujuan utama mendapat keuntungan dan meningkatkan penjualan. Persaingan inilah yang kemudian dikenal dengan istilah Jurnalisme Kuning. istilah ini diberikan oleh kalangan pers AS karena dua koran tersebut sering menyajikan berita murahan yang bersifat sensasional. Ciri Yellow Journalism adalah pemberitaannya yang bersifat kontroversial dan sensasional dengan mengandalkan judul. Namun, seiring berjalannya waktu, Jurnalisme kuning tidak bertahan lama karena muncul kesadaran bahwa Jurnalisme adalah sebuah profesi.

3. Mulai muncul kantor berita sekitar pertengahan abad 18. Seiring dengan kemajuan media pada saat itu, muncullah beberapa kantor berita yang berfungsi sebagai pengumpul dan pencari berita untuk disalurkan kepada penerbit surat kabar ataupun majalah. keberadaan kantor berita rupanya menguntungkan pemeilik surat kabar karena dapat menghemat biaya dan dalam waktu singkat dapat meningkatkan penjualan serta lebih populer. Kantor berita lama yang masih beroperasi sampai sekarang adalah Associated Press (AS) dan Reuters (Inggris) dan Agence-France Presse (Prancis).

4. Pada tahun 1714 telah ditemukan mesin tik oleh ilmuwan Inggris, Henry Mill. Dengan temuannya itu dapat mempermudah dalam penulisan berita disurat kabar.

5. Pada tahun 1809 ditemukan mesin silinder oleh John Dickinson, hingga menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fordriner dalam pembuatan kertas-kertas tipis.

6. Pada tahun 1893 mulai muncul surat kabar di Amerika yang menggunakan tinta warna pada beberapa bagian koran, khusus edisi minggu.

7. Pada tahun 1899, mulai digunakan teknologi merekam dengan menggunakan pita (klise), walaupun hal tersebut masih belum banyak digunakan oleh para jurnalis pemula saat itu.


  • Untuk karakteristik media pada abad 18 saat itu yaitu mulai banyak kemajuan dan perkembangan dibidang persurat kabaran (koran, majalah, artikel) dan penyiaran. Tetapi pada saat itu, ketika menulis suatu surat kabar akan kurang leluasa karena ada pertentangan, pembatasan dan sensor dari penguasa setempat.
  • Tanggapan pemerintah pada saat itu ialah mengeluarkan peraturan tentang pembatasan dan sensor bagi surat kabar yang membahas tentang aktivitas pemerintah.
  • Tanggapan masyarakat pada saat itu ialah masyarakat terlihat mulai tertarik dengan adanya surat kabar/korang yang memuat berbagai berita. Budaya membaca pada masa itu mengalami peningkatan ketika mulai ada pemberitaan tentang terjadinya revolusi industri terutama di Inggris. 

Demikian materi yang saya sampaikan pada postingan kali ini. Semoga tulisan saya ini bermanfaat dan barokah bagi pembaca. Amiin ...
Terimakasih,

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ...

*9/3/reviewpertemuanke-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Karir Peserta Didik SD/MI

BAB II PEMBAHASAN A.   Konsep Dasar Bimbingan Karier Peserta Didik di MI/SD        Kari e r sering dimaknai identik dengan kenaika...