MEDIA
AUDIO, VISUAL, dan AUDIO VISUAL
karakteristik,
kelebihan, dan kekurangan dalam pembelajaran
1. Karakteristik media Audio, Visual, dan Audio Visual
Ø Hanya
mengandalkan suara saja, jadi isi pesannya hanya dapat diterima melalui indera
pendengaran saja
Ø Pesan atau
informasi yang disampaikan melalui lambang auditif yang berupa kata-kata,
musik, atau sound effect
Ø Jika digunakan
dalam pengajaran bahasa dan musik maka akan lebih efisien
Ø Pengadaan media
ini relatif mudah jika dibandingkan dengan media audio visual
Ø Praktis
penggunaannya, karena sifatnya yang mudah digunakan dan dapat diputar kembali
secara berulang sesuai keinginan
Ø Terkadang dapat
menciptakan suasan jenuh dan membosankan
Ø Contoh: radio,
kaset, laboratorium bahasa, dll.
Ø Hanya
mengandalkan indera penglihatan saja
Ø Dibagi menjadi
beberapa bagian seperti gambar, karikatur, grafik, bagan, diagram, dan peta
Ø Media ini
memiliki unsur warna, tekstur, bentuk dan garis sehingga memberikan kesan
menarik dan menciptakan respon yang lebih pada siswa
Ø Media visual
dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media visual dua dimensi seperti foto
pahlawan, poster, gambar, dll, dan media visual tiga dimensi seperti patung,
boneka, diorama, dll.
Ø Media ini
memiliki unsur gambar dan suara, sehingga memiliki kemampuan yang lebih baik
dari dua media diatas karena mencakup dua jenis media yaitu audio dan visual
Ø Paduan antara
gambar dan suara dapat membentuk karakter yang sama dengan objek aslinya
Ø Contoh media
audiovisual adalah televisi, video-VCD, sound slide, dan film.
2. Kelebihan media Audio, Visual, dan Audio Visual
Kelebihan
media Audio :
Ø Harga relatif
murah dan dapat didapat dimana saja
Ø Penggunaan
media audio terbukti sangat tepat jika digunakan untuk mengajarkan musik,
bahasa. Dan al Qur’an
Ø Sifatnya yang
mudah dipindahkan sehingga lebih praktis
Ø Jika digunakan
bersamaan dengan perekam radio, maka bisa diputar berulang-ulang
Ø Bisa
mengembangkan daya imajinasi sisiwa seperti menggambar, menulis, dsb.
Kelebihan
media Visual :
Ø Sifatnya
konkrit, lebih realistik, dan murah harganya
Ø Media visual
sifatnya lebih nyata, konkrit jika dibandingkan dengan media audio
Ø Biaya yang
dikeluarkan cukup terjangka dan tidak perlu peralatan tambahan atau khusus
dalam penyampaiannya
Ø Media visual
dapat mengembangkan daya imajinasi anak
Ø Media visual
mampu meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa
Ø Media visual
mudah didapat, mudah dicari, mudah digunakan dan lebih realistis
Kelebihan
media Audio visual :
Ø Penggunaan
media audio visual lebih baik dari kedua media di atas dan cenderung tidak
membosankan
Ø Penyampaian
materi atau pesan atau informasi lebih mudah dipahami atau dimengerti oleh
siswa
3. Karakteristik media Audio, Visual, dan Audio Visual
Kekurangan
media Audio :
Ø Media audio
hanya menampilkan yang menampilkan simbol digit dan analog dalam bentuk auditif
adalah abstrak sehingga dalam hal-hal tertentu membutuhkan bantuan visual
Ø Karena sifatnya
abstrak, maka tingkatan penerimaannya dapat diterima sesuai tingkat penguasaan
bahasa, kata atau susunan kalimat
Ø Media audio
hanya mampu disampaikan dengan baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan
dalam berfikir abstrak
Ø Penyajian
materi oleh media audio bisa menimbulkan verbalisme pendengar itu sendiri
Ø Sifat
komunikasinya hanya satu arah saja, sehingga sulit bagi pendengar untuk
mendiskusikan hal-hal yang sulit dipahami
Ø Dapat
menciptakan susasana jenuh dan membosankan
Kekurangan
media Visual :
Ø Karena tidak
adanya suara atau audio, media visual hanya bisa berbentuk tulisan atau gambar,
sehingga pesan yang disampaikan bisa jadi kurang mendetail
Ø Media ini hanya
dapat memberi visual berupa gambar saja
Ø Terkadang,
media visual lambat dan kurang praktis
Ø Butuh
keterampilan guru dalam pemanfaatan media ini
Ø Media visual
seperti gambar dan foto hanya dapat ditangkap melalui persepsi indera saja, dan
ukurannya sangat terbatas jika digunakan untuk kelompok besar
Kekurangan
media Audio visual :
Ø Biaya pengadaan
media ini relatif mahal
Ø Jika guru tidak
mampu atau kurang bisa aktif maka siswa akan hanya menikmati visualisasi dan
suaranya saja
Ø Penggunaan
media audio visual memerlukan waktu yang lumayan lama
Ø Umumnya, media
visual ntidak dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, karena media ini
kebanyakan harus tetap ditempat
Referensi:
Arsyad,
Azhar. 2007. Media Pembelajaran.
Jakarta : Raja Grofindo Persada
Daryanto.
2011. Media Pembelajaran. Bandung :
PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Rusydiyah,
Evi Fatimatur. 2014. Media Pembelajaran
(Implementasi Untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyah). Surabaya : UIN Sunan
Ampel Press
Sanaky,
Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran
Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : KAUKABA DIPANTARA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar