Assalamualaikum ...
Alhamdulillah, saya masih bisa
menyapa kalian lewat postingan ini. Saya akan mereview pertemuan ketiga belas
kemarin. Pada pertemuan kemaren, kebetulan dosen saya bu Artika tidak dapat
menghadiri kelas karena ada suatu urusan. Jadi, beliau izin pada kita dan
memberi kita suatu tugas. Pada minggu sebelumnya, bu Artika telah memberi kami
TA (tugas akhir/UAS) untuk melakukan liputan ke sekolah-sekolah yang tersebar
di Sidoarjo atau Surabaya. Nantinya, kami akan meliput beberapa hal yang telah
dicontohkan oleh dosen saya. Seperti meliput siswa berprestasi, guru
berprestasi, guru teladan, siswa menginspirasi, profil sekolah, atau suatu hal disekolah
yang menarik untuk diliput. Nah, tugasnya ini bisa dilakukan secara berkelompok
atau secara individu. Saya kebetulan memilih individu. Jadi, saya berencana
untuk melakukan liputan ke sekolah terdekat didaerah saya. Okey, kembali ke
pertemuan ketiga belas. Pada minggu ini, tidak ada kelas, tetapi bu Artika
meminta kita untuk melakukan konsultasi dengan beliau. Pertemuannya dapat
dilakukan secara berkelompok diluar kelas. Entah di lingkungan kampus atau
daerah sekitar kampus. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ide liputan
temen-temen itu benar atau kurang tepat. Jadi sebelum melakukan konsultasi,
kita sudah harus punya gambaran apa yang akan kita liput nantinya. Nah,
istilahnya itu kita buat dulu brainstrom nya. Untuk membuat brainstrom, kita
harus memiliki beberapa topik yang nantinya akan kita pilih. Bukankah saya sudah
pernah memposting tentang brainstrom sebelumnya? yang tentang ‘cara menyusun
kerangka berita’, di situ terdapat hal-halyang terlebih dahulu harus
diselesaikan sebelum menulis berita. Tugas akhir ini nantinya akan dijadikan
sebuah Feeature News seputar pendidikan. Untuk pendidikannya, boleh SD/MI dan
MTS/SMP saja.
Berikut ini adalah hasil
brainstrom saya:
Usulan topik berita seputar pendidikan
1.
Siswa berprestasi
2.
Siswa menginspirasi
3.
Guru teladan
4.
Sekolah berprestasi
5.
Program sekolah unggulan
Topik terpilih: Siswa Menginspirasi
Angle / Sudut pandang
1.
Siswa yang kreatif dalam membuat sesuatu dan
memperoleh hasil dari kekreatifannya
2.
Siswa yang membantu orangtuanya bekerja namun
ia tetap berprestasi di sekolah
3.
Siswa yang bekerja demi keinginannya untuk
bersekolah sampai tinggi
Angle Terpilih: Siswa yang membantu orangtuanya
bekerja namun ia tetap berprestasi di sekolah
How/Why: Bagaimana siswa yang meski membantu
orangtuanya, ia tetap dapat berprestasi di sekolah?
|
Alhamdulillah, itu saja yang bisa
saya posting kali ini. Nantikan postingan saya selanjutnya, terimakasih dan
sampai jumpa lagi ...
Wassalamualaikum ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar