Pages

Minggu, 10 Juni 2018

Review Pertemuan Ketiga belas: TA Tahap Membuat Brainstrom



Assalamualaikum ...

Alhamdulillah, saya masih bisa menyapa kalian lewat postingan ini. Saya akan mereview pertemuan ketiga belas kemarin. Pada pertemuan kemaren, kebetulan dosen saya bu Artika tidak dapat menghadiri kelas karena ada suatu urusan. Jadi, beliau izin pada kita dan memberi kita suatu tugas. Pada minggu sebelumnya, bu Artika telah memberi kami TA (tugas akhir/UAS) untuk melakukan liputan ke sekolah-sekolah yang tersebar di Sidoarjo atau Surabaya. Nantinya, kami akan meliput beberapa hal yang telah dicontohkan oleh dosen saya. Seperti meliput siswa berprestasi, guru berprestasi, guru teladan, siswa menginspirasi, profil sekolah, atau suatu hal disekolah yang menarik untuk diliput. Nah, tugasnya ini bisa dilakukan secara berkelompok atau secara individu. Saya kebetulan memilih individu. Jadi, saya berencana untuk melakukan liputan ke sekolah terdekat didaerah saya. Okey, kembali ke pertemuan ketiga belas. Pada minggu ini, tidak ada kelas, tetapi bu Artika meminta kita untuk melakukan konsultasi dengan beliau. Pertemuannya dapat dilakukan secara berkelompok diluar kelas. Entah di lingkungan kampus atau daerah sekitar kampus. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ide liputan temen-temen itu benar atau kurang tepat. Jadi sebelum melakukan konsultasi, kita sudah harus punya gambaran apa yang akan kita liput nantinya. Nah, istilahnya itu kita buat dulu brainstrom nya. Untuk membuat brainstrom, kita harus memiliki beberapa topik yang nantinya akan kita pilih. Bukankah saya sudah pernah memposting tentang brainstrom sebelumnya? yang tentang ‘cara menyusun kerangka berita’, di situ terdapat hal-halyang terlebih dahulu harus diselesaikan sebelum menulis berita. Tugas akhir ini nantinya akan dijadikan sebuah Feeature News seputar pendidikan. Untuk pendidikannya, boleh SD/MI dan MTS/SMP saja.

Berikut ini adalah hasil brainstrom saya:

Usulan topik berita seputar pendidikan
1.      Siswa berprestasi
2.      Siswa menginspirasi
3.      Guru teladan
4.      Sekolah berprestasi
5.      Program sekolah unggulan

Topik terpilih: Siswa Menginspirasi

Angle / Sudut pandang
1.      Siswa yang kreatif dalam membuat sesuatu dan memperoleh hasil dari kekreatifannya
2.      Siswa yang membantu orangtuanya bekerja namun ia tetap berprestasi di sekolah
3.      Siswa yang bekerja demi keinginannya untuk bersekolah sampai tinggi

Angle Terpilih: Siswa yang membantu orangtuanya bekerja namun ia tetap berprestasi di sekolah

How/Why: Bagaimana siswa yang meski membantu orangtuanya, ia tetap dapat berprestasi di sekolah?


Alhamdulillah, itu saja yang bisa saya posting kali ini. Nantikan postingan saya selanjutnya, terimakasih dan sampai jumpa lagi ...

Wassalamualaikum ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Karir Peserta Didik SD/MI

BAB II PEMBAHASAN A.   Konsep Dasar Bimbingan Karier Peserta Didik di MI/SD        Kari e r sering dimaknai identik dengan kenaika...