Alhamdulillah, i’am
back .... hehe. Setelah sekian lama tidak ada kabar, tidak ada postingan di
bulan mei, saya kembali aktif di bulan juni. Insyaallah, di bulan yang penuh
berkah ini saya akan sering-sering menulis dan memposting yang belum terposting
bulan mei kemaren. Sebenarnya, di bulan mei kemaren, saya berencana memposting
2 materi kuliah saya, hanya saja saya merasa banyak tugas dan
deadline ujian akhir, jadi akhirnya tertunda. Kalau di tanya saya sedih...
pastinya saya sedih, karena saya tidak bisa memenuhi deadline yang seharusnya
saya penuhi. Terbukti dengan pikiran saya yang sebagian besar tertuju pada
jurnalistik. Tapi, saya meyakinkan diri kalau itu tidak masalah, asalkan review
saya ini sesuai dengan jumlah pertemuan mata kuliah jurnalistik. Hehe.... oke, sudah
cukup curhatnya ya, baiklah. Kita langsung saja pada materi yang ingin saya
review di sini.
Saya akan
menunjukkan hasil persentasi kelompok saya mengenai langkah-langkah melakukan
wawancara seputar UINSA. Nah, persentasi ini sebenarnya telah kami laksanakan
pada tanggal 27 April lalu. Seminggu sebelumnya, kami telah mendapat tugas
kelompok ini, yaitu tugas mengenai langkah-langkah dalam melakukan liputan atau
wawancara. Dosen kami, juga memberikan contoh bagaimana langkah-langkah membuat
berita, seperti menentukan topik, memilih topik, menentukan angle liputan,
mewawancarai narasumber dan seterusnya. Adapun tugasnya dikerjakan di kertas
manila, dengan format seperti di bawah ini:
KELOMPOK ...
1. Usulan topik
berita seputar UINSA
Ø ...
Ø ...
Ø ...
Ø ...
2. Topik terpilih
...
3. Angel (sudut
pandang)
Ø ...
Ø ...
Ø ...
Ø ...
4. How/Why
(Merumuskan judul dari angle yang terpilih)
....
5. Narasumber
(minimal 2 orang)
1.
2.
3.
6. Daftar
pertanyaan (setiap narasumber tidak boleh sama)
Narasumber 1
Ø ...
Ø ...
Ø ...
Narasumber 2
Ø ...
Ø ...
Ø ...
Narasumber 3
Ø ...
Ø ...
Ø ...
|
Hasil wawancara dan diskusi kelompok kami seperti di bawah ini
KELOMPOK 3
1. Usulan topik berita
seputar UINSA
Ø Fasilitas di gedung E1 FTK
Ø Jadwal Perkuliahan
Ø Keamanan Loker di
Perpustakaan
Ø Ketertiban Kendaraan Berparkir
Ø Fasilitas
Internet yang Sulit di Akses
Ø Kurangnya
Pohon Rindang di Kampus
2. Topik terpilih
Ketertiban
Kendaraan Berparkir
3. Angel (sudut pandang)
Ø Kurangnya kesadaran
mahasiswa ketika memarkir kendaraan
Ø Tidak ada juru parkir yang
membantu memarkir kendaraan
Ø Terjaminnya keamanan
kendaraan yang berparkir dengan pengecekan STNK
4. How/Why (Merumuskan judul
dari angle yang terpilih)
"How"Bagaimana
cara meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya memarkir kendaraan
dengan tertib?
"Why" Mengapa
mahasiswa kurang sadar dalam memarkir kendaraanny?
5. Narasumber
1. Staf Bagian
Umum
2. Mahasiswa
6. Daftar pertanyaan
Narasumber 1
Staf Bagian Umum
Ø Bagaimana cara menertibkan
tempat parkir yang baik?
Ø Menurut anda, apakah ada
perubahan ketertiban dalam
berparkir setelah diberi garis
seperti sekarang ini?
Ø Menurut
anda, apa sanksi yang tepat yang dapat membuat jera para pengguna kendaraan
yang melanggar?
Narasumber 2
Mahasiswa
Ø Menurut anda, bagaimana
kondisi tempat parkir di UINSA?
Ø Siapa yang berpengaruh
besar dalam ketertiban parkiran kendaraan?
Ø Mengapa masih banyak
mahasiswa yang parkir sembarangan walau telah diberi garis?
|
foto persentasi kelompok 3
foto hasil kerangka berita
Alhamdulillah,
kita sampai pada akhir pembahasan. Terimakasih karena telah membaca tulisan
saya di atas. Saya meminta maaf bila ada salah dalam penyampaian kata maupun
pemahaman. Silahkan memberi saran, kritik, dan komentar yang sopan dan
membangun agar saya bisa memperbaiki tulisan saya kedepannya. Sekali lagi Terimakasih
... sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Wassalamuaalaikum warahmatullah
wabarakatuh ...
*pertemuantanggal27April
Tidak ada komentar:
Posting Komentar