Pages

Minggu, 03 Juni 2018

Review Pertemuan Kesepuluh: Persentasi Kelompok Cara Menyusun Kerangka Berita 'Topik Berita Seputar UINSA'



Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh ...


Alhamdulillah, i’am back .... hehe. Setelah sekian lama tidak ada kabar, tidak ada postingan di bulan mei, saya kembali aktif di bulan juni. Insyaallah, di bulan yang penuh berkah ini saya akan sering-sering menulis dan memposting yang belum terposting bulan mei kemaren. Sebenarnya, di bulan mei kemaren, saya berencana memposting 2 materi kuliah saya, hanya saja saya merasa banyak tugas dan deadline ujian akhir, jadi akhirnya tertunda. Kalau di tanya saya sedih... pastinya saya sedih, karena saya tidak bisa memenuhi deadline yang seharusnya saya penuhi. Terbukti dengan pikiran saya yang sebagian besar tertuju pada jurnalistik. Tapi, saya meyakinkan diri kalau itu tidak masalah, asalkan review saya ini sesuai dengan jumlah pertemuan mata kuliah jurnalistik. Hehe.... oke, sudah cukup curhatnya ya, baiklah. Kita langsung saja pada materi yang ingin saya review di sini.



Saya akan menunjukkan hasil persentasi kelompok saya mengenai langkah-langkah melakukan wawancara seputar UINSA. Nah, persentasi ini sebenarnya telah kami laksanakan  pada tanggal 27 April lalu. Seminggu sebelumnya, kami telah mendapat tugas kelompok ini, yaitu tugas mengenai langkah-langkah dalam melakukan liputan atau wawancara. Dosen kami, juga memberikan contoh bagaimana langkah-langkah membuat berita, seperti menentukan topik, memilih topik, menentukan angle liputan, mewawancarai narasumber dan seterusnya. Adapun tugasnya dikerjakan di kertas manila, dengan format seperti di bawah ini:


KELOMPOK ...
1.      Usulan topik berita seputar UINSA
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...

2.      Topik terpilih
...

3.      Angel (sudut pandang)
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...

4.      How/Why (Merumuskan judul dari angle yang terpilih)
....

5.      Narasumber (minimal 2 orang)
1.
2.
3.

6.      Daftar pertanyaan (setiap narasumber tidak boleh sama)
Narasumber 1
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...

Narasumber 2
Ø  ...
Ø  ...
Ø  ...

Narasumber 3
Ø  ...
Ø ...
Ø ...


Hasil wawancara dan diskusi kelompok kami seperti di bawah ini

KELOMPOK 3
1.      Usulan topik berita seputar UINSA
Ø  Fasilitas di gedung E1 FTK
Ø  Jadwal Perkuliahan
Ø  Keamanan Loker di Perpustakaan
Ø  Ketertiban Kendaraan Berparkir
Ø  Fasilitas Internet yang Sulit di Akses
Ø  Kurangnya Pohon Rindang di Kampus

2.      Topik terpilih
Ketertiban Kendaraan Berparkir

3.      Angel (sudut pandang)
Ø Kurangnya kesadaran mahasiswa ketika memarkir kendaraan
Ø Tidak ada juru parkir yang membantu memarkir kendaraan
Ø Terjaminnya keamanan kendaraan yang berparkir dengan pengecekan STNK

4.      How/Why (Merumuskan judul dari angle yang terpilih)
"How"Bagaimana cara meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya memarkir kendaraan dengan tertib?
"Why" Mengapa mahasiswa kurang sadar dalam memarkir kendaraanny?

5.      Narasumber
1. Staf Bagian Umum
2. Mahasiswa

6.      Daftar pertanyaan
Narasumber 1 Staf Bagian Umum
Ø  Bagaimana cara menertibkan tempat parkir yang baik?
Ø  Menurut anda, apakah ada perubahan ketertiban dalam
     berparkir setelah diberi garis seperti sekarang ini?
Ø Menurut anda, apa sanksi yang tepat yang dapat membuat jera para pengguna kendaraan yang melanggar?

Narasumber 2 Mahasiswa
Ø  Menurut anda, bagaimana kondisi tempat parkir di UINSA? 
Ø Siapa yang berpengaruh besar dalam ketertiban parkiran kendaraan?
Ø Mengapa masih banyak mahasiswa yang parkir sembarangan walau telah diberi garis?


foto persentasi kelompok 3
foto hasil kerangka berita 

Alhamdulillah, kita sampai pada akhir pembahasan. Terimakasih karena telah membaca tulisan saya di atas. Saya meminta maaf bila ada salah dalam penyampaian kata maupun pemahaman. Silahkan memberi saran, kritik, dan komentar yang sopan dan membangun agar saya bisa memperbaiki tulisan saya kedepannya. Sekali lagi Terimakasih ... sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Wassalamuaalaikum warahmatullah wabarakatuh ...

*pertemuantanggal27April




 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bimbingan Karir Peserta Didik SD/MI

BAB II PEMBAHASAN A.   Konsep Dasar Bimbingan Karier Peserta Didik di MI/SD        Kari e r sering dimaknai identik dengan kenaika...